Wednesday, January 25, 2012

[Sharing] : Ayooo Berburu Tiket Pesawat Promo !!!


Sale..Sale..Sale!!
(airasia.com)


Sekarang ini traveling, terutama ke luar negeri, bukan lagi barang mahal. Hal ini disebabkan makin menjamurnya budget airline atau maskapai penerbangan murah. Kenapa mereka bisa memberi harga murah? Pertama, penumpang nggak dikasih makan. Jadi kalau perjalanan jauh, seperti Jakarta-Hongkong misalnya, ya siap-siap deh kelaperan heheheee... Kedua, mereka tidak lagi mencetak tiket. Biasanya pembelian via online, lalu kita yang print out sendiri tiketnya. Ketiga, mereka mulai menerapkan sistem web check in atau mobile check in, contohnya seperti Air Asia. Dengan begini mereka bisa menekan cost untuk membayar gaji petugas counter check in. Hmmm, faktor apa lagi ya? Ada yang mau melengkapi? Monggo lhooo :)

Senangnya lagi perjalanan saya selalu dapat tiket promo yang harganya super murah. Makanya terkadang saya suka tertawa kalau ada yang menganggap saya banyak uang, orang kaya, pemborosan, dll hanya melihat saya sering traveling. Yah, tapi saya maklum lah. Mungkin mereka masih kurang pengetahuan soal tiket promo, makanya saya berniat share disini, supaya semakin banyak yang bisa traveling dengan budget minim bahkan cenderung pas-pasan kayak saya ini... hihihihiiii....

Tips memperoleh tiket promo :

1. Cari Info. Ada beberapa cara mendapatkan info update tiket pesawat promo, diantaranya adalah dengan berlangganan Newsletter, follow twitter, like page di Facebook, lihat iklan di koran, pokoknya lakukan apa saja yang memudahkan kita memperoleh informasi promo dari Budget Airlines. Contoh: Follow twitter @AirAsiaId @Jetstar_Asia, like Facebook page Cebu Pacific Airlines, dsb

2. Siapkan Dokumen. Ketika kita tahu ada promo tiket murah, siapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Kenapa demikian? Karena untuk masuk ke website mereka aja bakalan susah setengah mati, saking banyaknya yang akses. Jadi nggak lucu kan kalau udah aksesnya susah, eehh ketika kita udah berhasil masuk ke website mereka dokumen yang diperlukan belum kita siapkan. Mubazir dan bikin capek deh.


Paspor Republik Indonesia
(duniacyber.com)
Wow!! Siap digesek niihh ;p
(lifestyle.kompasiana.com)











Biasanya dokumen yang harus kita siapkan adalah Paspor (sebaiknya udah punya paspor kalau mau booking tiket traveling ke luar negeri) dan kartu kredit. Kalau kita berencana pergi rame-rame dengan teman, sebaiknya kita sudah punya data-data komplit tentang mereka. Jangan sampai ketika sudah sampai di tahap isi data, kita baru ribet menanyakan data-data mereka, misalnya: "Eh nomor paspor lo berapa?" atau ketika kita yang booking tiket tapi nggak punya kartu kredit sendiri, kita baru tanya ke teman kita, "Minta nomor kartu kredit lo dong. Alamat penagihan kemana? Expired date??", dst..dst.. Percaya deh, hal-hal semacam ini akan menghambat kecepatan kita dalam memperoleh tiket promo.

3. Sabar. Rasanya kata ini yang paling tepat menggambarkan suasana ketika berburu tiket promo. Kesulitan akses, perasaan takut nggak kebagian tiket yang harganya murah, sinyal internet yang lemot dan nggak stabil, intinya kalau kita nggak sabar bakalan "stress" deh, hahahaa... Hal semacam ini juga saya alami ketika awal-awal berburu tiket promo. Jadi, harus sabar yaaaa :D


Kalau ketemu lebah ini, sabaarr yaaa.. :))
(airasia.com)


4. Jangan Begadang. Ketika berburu tiket promo, kita nggak perlu bela-belain begadang. Yah, kecuali kalau kamu memang insomnia. Daripada nggak bisa tidur, nggak apa-apa deh berburu tiket promo :)) Soalnya, berdasarkan pengalaman pribadi, ketika promo dimulai (biasanya jam 12 malam), situs budget airline langsung diserbu orang dari berbagai negara yang tertarik sama promo tersebut. Akhirnya, kita malah capek sendiri. Udah nggak tidur semaleman, tiket murah pun nggak di tangan. Saran saya, malam tidur aja. Buat saya waktu terbaik untuk berburu tiket promo adalah di jam kerja. Jadi orang-orang sibuk kerja, saat itulah saya berburu tiket. Selama ini cara saya selalu berhasil, hahahahaa....

5. Berdoa. Nah, jika semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan tiket promo sudah di tangan, sekarang tinggal banyak-banyak berdoa. Semoga tiket pesawat promo yang sudah di tangan nggak di-reschedule, dibatalkan atau terkena penghapusan rute. Untuk yang terakhir ini saya pernah mengalami, untuk rute Jakarta - Penang, Penang - Macau. Sebulan sebelum keberangkatan saya mendapat email bahwa penerbangan dengan rute tersebut dihapuskan. Karena waktu pemberitahuan yang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan, kami tidak punya waktu lagi untuk mencari tiket promo lainnya. Dengan sangat amat sedih, perjalanan saya ketika itu terpaksa saya batalkan... :'((


Sekian share tips dari saya, feel free kalau ada yang mau menambahkan.... ^__^


2 comments:

  1. nice posting, Ai ^^

    mau nambahin, biasanya aku nyari cheapest flight di http://www.skyscanner.co.id/ atau di http://tiketpesawat.com/

    oia, itu yg tiketnya batal, duitnya dibalikin gak?? Y_Y

    ReplyDelete
  2. Ahahaaa, Mba Indy beneran langsung berkunjung kesini. Tengkyuuu :))

    Duit dibalikin Ndy. Tapi cuma yang Penang-Macau-Penang. Tiket yang Jakarta-Macau-Jakarta nggak dibalikin huhuhuuuu.... :'((

    ReplyDelete