Tuesday, March 13, 2012

Soto Kwali Mbak Dewi, Suegeerrr!!


Potongan daging dalam soto


Temans, kali ini mau cerita tentang warung soto yang (menurut saya) enak..enak..enak... ;p Namanya Soto Kwali Mbak Dewi. Disebut Soto Kwali karena soto ini dimasak dalam kwali yang terbuat dari tanah liat. Tadinya saya mau foto, tapi ternyata nggak boleh masuk ke dapurnya :(

Awalnya Papa yang mengajak kami sekeluarga kesini. Papa diberitahu teman kantornya yang kebetulan tinggal di daerah Bambu Apus, Jakarta Timur. Kebetulan Mbak Dewi ini asli Solo, jadilah kalau pas kita makan ke warung ngobrolnya nyambung banget sama Papa (--,)

Pertama kali mencoba, saya langsung suka. Semangkuk soto daging sapi (ketika itu) dihargain 5 ribu rupiah. Ya murah banget gitu gimana saya nggak suka, hahahaa... Tapi sekarang harganya naik, semangkuk soto campur dihargai 7 ribu rupiah. Oiya, soto campur itu maksudnya dimasukkan nasi di dalamnya. Nah, berhubung saya suka eneg kalau makan soto nasinya dicampur, maka saya lebih sering memesan soto pisah. Dari namanya udah bisa ditebak ya? Soto pisah berarti nasi sama soto beda piring, jadi porsi nasinya juga lebih banyak. Soto pisah ini dihargai 10 ribu rupiah per porsi.

Soto Kwali Pisah

Awalnya Mbak Dewi buka warung soto di rumahnya, jadi semacam di garasi gitu. Tapi seiring waktu dan warung sotonya juga makin ramai, dia pindah ke seberang jalan supaya warungnya jadi lebih luas. Di warung baru ini, jualannya juga makin beragam. Ada Tengkleng (makanan khas Solo, seperti gulai tapi isinya jeroan kambing, mata, kuping, dll), Botok (dibungkus daun pisang, dalamnya kelapa, pete cina, tahu, dll), Tahu Kupat dan Sop Iga. Hmmm, mungkin memang kalau usaha udah mulai besar kita harus pintar lihat peluang kali ya? Salah satunya dengan diversifikasi barang dagangan. Tapi bukannya malah jadi nggak fokus? Ah ya udah lah, ini kenapa saya malah membahas bisnis. Ngerti juga nggak, huahahahaa....

Sate Telor & Ati-Ampela

Tahu Tempe












Makan disini pastinya murah meriah. Sekeluarga biasanya habis 60 ribu. Nah, memang sih disini harga sotonya murah, tapi lauk pauknya itu loh yang suka bikin lupa diri. Di meja pasti sudah tersedia beberapa tudung saji yang di dalamnya berisi bermacam-macam lauk pauk. Misalnya, perkedel, sate telor puyuh, sate ati-ampela, tahu, tempe, sosis solo, dan banyak lagi pilihannya. Sering tanpa sadar sambil makan soto, ngambil lauk. Comot tahu, cemplungin ke soto. Makan tempe, kerupuk, semua masukkin ke perut. Alhasil, pas bayar kan ditanya apa aja yang kita makan (sekalian tes kejujuran nih kayaknya), nah saya suka malu-malu tuh nyebutnya. "Mbak, saya makan tahu 3, tempe 2, perkedel 1, sosis solo 5, kerupuk 1" Gila nggak sih napsu makan saya? =)) Nggak heran, ujung-ujungnya bayar lauk pauk lebih mahal daripada bayar sotonya... *self_jewer

Mbak-mbak Kasir ;p

Dalam Sebulan minimal 2 kali saya pasti kesini, biasanya pas weekend. Apalagi di musim hujan kayak sekarang ini, makan soto panas-panas emang paling pas! Suegeerrr :)


Daftar Harga

*Alamat Soto Kwali Mbak Dewi : Jl. Raya Bambu Apus No. 41. Bambu Apus. Cipayung. Jak-Tim


1 comment:

  1. Gimana kabarnya soto mbak dewi sekarang ya?
    kapan-kapan kalo pas lewat di pantura tegal, bisa mampir di Warung Soto Sedap Malam Pak Amir Talang Tegal Yang Legendaris

    semoga bermanfaat bagi pecinta soto. hehehehe, makasih

    ReplyDelete