Thursday, September 13, 2012

Tahu Gejrot Asli Cirebon, Asli Enaaakk...


Berhubung sore ini kerjaan udah beres semua dan daripada gw cuma bengang-bengong malah takut kesambet, mending iseng nulis blog deh hehehee.....

Ada yang nggak tau makanan yang namanya Tahu Gejrot? Gw anggap tau semua lah ya, kalo ada yang nggak tau monggo nge-googling aja, hahahaa.... *minta ditampol

Becanda ya temans. Kalo ada yang belum tau Tahu Gejrot kayak apa, coba lihat foto di bawah ini, barangkali bisa dapat pencerahan ;D


Tahu Gejrot + Kuah

Jadi, kemarin ada temen kantor gw namanya Mba Intan mau pulang kampung ke Cirebon. Dia mau jenguk keluarganya yang sakit disana. Seperti biasa sepanjang jalan kami BBM-an. Obrolan ngalor-ngidul itu pun berujung pada pertanyaan: Mau oleh-oleh apa Sar? Nah, secara gw tau dia kesana mau ke rumah sakit, ya gw nggak enak dong mau bilang minta oleh-oleh apa. Kesannya jadi temen kok nggak tau diri amat.... (padahal emang ;p)

Tapiiii, berhubung gw dipaksa-paksa (halah, alesan) akhirnya gw nitip Tahu Gejrot yang nggak lain dan nggak bukan adalah makanan khas Cirebon. Eh, Mba Intan mengiyakan aja dong titipan gw. "Ya udah ntar gw beliin. Tapi gw balik malem. Ntar tahu gejrotnya gw anter ke rumah lo. Jangan tidur dulu ya," gitu katanya. Ya udah jelaslah, demi Tahu Gejrot favorit mosok iya gw tidur cepet. Biarpun ngantuk pasti gw bela-belain mata melek. Kalo perlu ganjel mata pake korek api biar nggak merem.. (oke, ini lebay)

Tepat jam 10 malem, Mba Intan miskol ke HP gw. Dengan penuh sukacita, rasa bahagia membahana (duileee) gw bukain pagar rumah dan menyambut Tahu Gejrot idola. Saking suenengggnyaa, sampe gw lupa bilang terima kasih. Hmmm, makasih ya Mba Intan.... :)) *peluk mesra

Bahan membuat Tahu Gejrot tuh cuma tahu coklat yang dipotong kecil-kecil, terus diguyur pake kuah yang gw nggak tau terbuat dari apa. Tapi kayaknya sih bahan kuahnya dibikin dari cabe rawit, bawang merah, cuka, gula merah... Maap kalo salah... Hihihiii... *sotoy tingkat dewa 

Tapi, sumpah deh Tahu Gejrot asli Cirebon ini rasanya endang bambang gurindang banget, Bok! Beda sama yang suka gw makan di food court mal atau bahkan di Abang-abang keliling. Kalo yang gw beli di Abang-abang rasa kuahnya suka bau pesing. Jangan-jangan kuahnya dipipisin sama abangnya... Huukksss :(( *su'udzon

Anyway, Tahu Gejrot tetap jadi salah satu makanan favorit gw. Kapan-kapan kalo ada yang ke Cirebon coba cicipin deh atau coba kasih tau gw, soalnya gw mau nitip minta beliin. Hahahaa.... *krik *garing


Cabe rawit di atasnya itu bikin rasanya makin mantap!!

6 comments:

  1. Oooh, rupayanya ini makanan asli Cirebon ya. Dulu pas saya mudik ke Solo juga pernah dihadiahi makanan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Indra... Kata yang beliin sih asli Cirebon.

      Oiya, orang Solo ya Mas? Solonya mana? Saya Manahan... *eaaa *padahalnggaditanya :D

      Tks ya udah berkunjung kesini :)

      Delete
  2. Wuaaa....aku penggemar tahu tapi belum pernah nyobaiiiin....klo suatu hari ke Cirebon, udah pasti deh makan ini!

    Salam kenal...this is my first visit! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Mba Mayya, salam kenal juga...

      Aq sering liat Mba Mayya di blog-nya Bebe dan Emy deh kalo ngga salah.. Hihihii...

      Cobain deh Mba, enak banget lho tahu gejrotnya. Kalo kata Pak Bondan, maknyusss!!

      Aq gantian visit ke blog Mba Mayya juga aahhh.... ;p

      Delete
  3. IYAAAK!!! Lupa kan kemaren makan tahu gejrot. Padahal gue udah minta nyokap bikinin pake belimbing wuluh dr kebon. huaaaa!!!

    My favorit juga nih walau kalo gue jelas tanpa cabe. Bikinnya yg simple pake belimbing wuluh, gula merah ama kecap, tambah garam dikit. Trus tahunya pake tahu pong. Hiks sayang disini ga ada tahu pong ama belimbing wuluh...

    gue pikir asli betawi taunya Cirebon ya. Sip deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jyaahh, kok bisa lupa? Hihihiii...

      Oooh, kalo pake belimbing wuluh bukannya jadi asem ya Vic? Jadi ngga perlu pake cuka ya?

      Iya, kalo kata temenku yang bawain sih dia bilang itu panganan asli Cirebon :D

      Delete